Makna logo Sapta Pesona dilambangkan dengan Matahari yang bersinar sebanyak 7 buah yang terdiri atas unsur Kemanan, Ketertiban, Kebersihan, Kesejukan, Keindahan, Keramahan, dan Kenangan. Tujuan diselenggarakan program Sapta Pesona adalah untuk meningkatkan kesadaran, rasa tanggung jawab segenap lapisan masyarakat, baik pemerintah, swasta maupun masyarakat luas untuk mampu bertindak dan mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Sadar Wisata dapat didefinisikan sebagai sebuah konsep yang menggambarkan partisipasi dan dukungan segenap komponen masyarakat dalam mendorong terwujudnya iklim yang kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kepariwisataan di suatu wilayah dan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.
Sapta Pesona merupakan jabaran konsep Sadar Wisata yang terkait dengan dukungan dan peran masyarakat sebagai tuan rumah dalam upaya untuk menciptakan lingkungan dan suasana kondusif yang mampu mendorong tumbuh dan berkembangnya industri pariwisata melalui perwujudan tujuh unsur dalam Sapta Pesona tersebut.
Logo Sapta Pesona berbentuk matahari tersenyum yang menggambarkan semangat hidup dan kegembiraan. Tujuh sudut pancaran sinar yang tersusun rapi di sekeliling matahari menggambarkan unsur-unsur Sapta Pesona yang terdiri dari : unsur aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan kenangan.
1. AMAN
Pengertian Suatu kondisi lingkungan di destinasi pariwisata atau daerah tujuan wisata yang memberikan rasa tenang, bebas dari rasa takut dan kecemasan bagi wisatawan dalam melakukan perjalanan atau kunjungan ke daerah tersebut.
Bentuk aksi yang perlu diwujudkan antara lain :
a. Tidak menganggu kenyamanan wisatawan
b. Menolong dan melindungi wisatawan
c. Menunjukkan sifat bersahabat terhadap wisatawan
d. Memelihara keamanan lingkungan
e. Membantu memberi informasi kepada wisatawan
f. Menjaga lingkungan yang bebas dari bahaya penyakit menular
g. Meminimalkan resiko kecelakaan dalam penggunaan fasilitas publik.
2. TERTIB
Pengertian kondisi lingkungan dan pelayanan di destinasi pariwisata/daerah tujuan wisata yang mencerminkan sikap disiplin yang tinggi serta kualitas fisik dan layanan yang konsisten dan teratur serta efisien sehingga memberikan rasa nyaman dan kepastian bagi wisatawan dalam melakukan perjalanan atau kunjungan ke daerah tersebut.
Bentuk aksi yang perlu diwujudkan antara lain :
a. Mewujudkan budaya antri
b. Memelihara lingkungan dengan mentaati peraturan yang berlaku
c. Disiplin waktu/tepat waktu
d. Serba jelas, teratur, rapi dan lancar.
3. BERSIH
Suatu kondisi lingkungan serta kualitas produk dan pelayanan di destinasi pariwisata/daerah tujuan wisata yang mencerminkan keadaan yang sehat/hygienik sehingga memberikan rasa nyaman dan senang bagi wisatawan dalam melakukan perjalanan atau kunjungan ke daerah tersebut.
Bentuk aksi yang perlu diwujudkan antara lain :
a. Tidak membuang sampah sembarangan
b. Menjaga kebersihan lingkungan objek wisata
c. Menjaga lingkungan yang bebas dari polusi udara
d. Menyiapkan sajian makanan dan minuman yang higienis
e. Menyiapkan perlengkapan penyajian makanan dan minuman yang bersih
f. Pakaian dan penampilan petugas bersih dan rapi.
4. SEJUK
Suatu kondisi di destinasi pariwisata/daerah tujuan wisata yang mencerminkan keadaan yang sejuk dan teduh yang akan memberikan perasaan nyaman bagi wisatawan dalam melakukan kunjungannya ke daerah tersebut.
Bentuk aksi yang perlu diwujudkan antara lain :
a. Melaksanakan penghijauan dengan menanam pohon
b. Memelihara penghijauan di lingkungan objek wisata
c. Menjaga kondisi sejuk dalam berbagai area di daerah tujuan wisata.
5. INDAH
Suatu kondisi di daerah tujuan wisata yang mencerminkan keadaan yang indah dan menarik dan memberikan kesan yang mendalam bagi wisatawan sehingga mewujudkan potensi kunjungan ulang serta mendorong promosi ke pasar wisatawan yang lebih luas
Bentuk Aksi yang perlu diwujudkan antara lain :
a. Menjaga objek wisata dalam tatanan yang estetik, alami dan harmoni
b. Menata lingkungan secara teratur
c. Menjaga keindahan vegetasi, tanaman hias dan peneduh.
6. RAMAH
Suatu kondisi lingkungan yang bersumber dari sikap masyarakat di destinasi pariwisata yang mencerminkan suasana yang akrab dan terbuka.
Bentuk Aksi yang perlu diwujudkan :
a. Bersikap sebagai tuan rumah yang baik serta selalu membantu wisatawan
b. Memberi informasi tentang adat istiadat secara sopan
c. Menunjukkan sikap menghargai dan toleransi terhadap wisatawan
d. Memberikan senyum yang tulus.
7. KENANGAN
Suatu bentuk pengalaman yang berkesan di destinasi pariwisata yang akan memberikan rasa senang dan kenangan yang indah bagi wisatawan.
Bentuk aksi yang perlu diwujudkan :
a. Menggali dan mengangkat keunikan budaya lokal
b. Menyajikan makanan dan minuman khas lokal yang bersih dan sehat
c. Menyediakan cinderamata yang menarik, unik/khas serta mudah dibawa
Sumber: Panduan Pelaksanaan Sadar Wisata
Oleh: Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Indonesia
Sadar Wisata dapat didefinisikan sebagai sebuah konsep yang menggambarkan partisipasi dan dukungan segenap komponen masyarakat dalam mendorong terwujudnya iklim yang kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kepariwisataan di suatu wilayah dan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.
Sapta Pesona merupakan jabaran konsep Sadar Wisata yang terkait dengan dukungan dan peran masyarakat sebagai tuan rumah dalam upaya untuk menciptakan lingkungan dan suasana kondusif yang mampu mendorong tumbuh dan berkembangnya industri pariwisata melalui perwujudan tujuh unsur dalam Sapta Pesona tersebut.
Logo Sapta Pesona berbentuk matahari tersenyum yang menggambarkan semangat hidup dan kegembiraan. Tujuh sudut pancaran sinar yang tersusun rapi di sekeliling matahari menggambarkan unsur-unsur Sapta Pesona yang terdiri dari : unsur aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan kenangan.
1. AMAN
Pengertian Suatu kondisi lingkungan di destinasi pariwisata atau daerah tujuan wisata yang memberikan rasa tenang, bebas dari rasa takut dan kecemasan bagi wisatawan dalam melakukan perjalanan atau kunjungan ke daerah tersebut.
Bentuk aksi yang perlu diwujudkan antara lain :
a. Tidak menganggu kenyamanan wisatawan
b. Menolong dan melindungi wisatawan
c. Menunjukkan sifat bersahabat terhadap wisatawan
d. Memelihara keamanan lingkungan
e. Membantu memberi informasi kepada wisatawan
f. Menjaga lingkungan yang bebas dari bahaya penyakit menular
g. Meminimalkan resiko kecelakaan dalam penggunaan fasilitas publik.
2. TERTIB
Pengertian kondisi lingkungan dan pelayanan di destinasi pariwisata/daerah tujuan wisata yang mencerminkan sikap disiplin yang tinggi serta kualitas fisik dan layanan yang konsisten dan teratur serta efisien sehingga memberikan rasa nyaman dan kepastian bagi wisatawan dalam melakukan perjalanan atau kunjungan ke daerah tersebut.
Bentuk aksi yang perlu diwujudkan antara lain :
a. Mewujudkan budaya antri
b. Memelihara lingkungan dengan mentaati peraturan yang berlaku
c. Disiplin waktu/tepat waktu
d. Serba jelas, teratur, rapi dan lancar.
3. BERSIH
Suatu kondisi lingkungan serta kualitas produk dan pelayanan di destinasi pariwisata/daerah tujuan wisata yang mencerminkan keadaan yang sehat/hygienik sehingga memberikan rasa nyaman dan senang bagi wisatawan dalam melakukan perjalanan atau kunjungan ke daerah tersebut.
Bentuk aksi yang perlu diwujudkan antara lain :
a. Tidak membuang sampah sembarangan
b. Menjaga kebersihan lingkungan objek wisata
c. Menjaga lingkungan yang bebas dari polusi udara
d. Menyiapkan sajian makanan dan minuman yang higienis
e. Menyiapkan perlengkapan penyajian makanan dan minuman yang bersih
f. Pakaian dan penampilan petugas bersih dan rapi.
4. SEJUK
Suatu kondisi di destinasi pariwisata/daerah tujuan wisata yang mencerminkan keadaan yang sejuk dan teduh yang akan memberikan perasaan nyaman bagi wisatawan dalam melakukan kunjungannya ke daerah tersebut.
Bentuk aksi yang perlu diwujudkan antara lain :
a. Melaksanakan penghijauan dengan menanam pohon
b. Memelihara penghijauan di lingkungan objek wisata
c. Menjaga kondisi sejuk dalam berbagai area di daerah tujuan wisata.
5. INDAH
Suatu kondisi di daerah tujuan wisata yang mencerminkan keadaan yang indah dan menarik dan memberikan kesan yang mendalam bagi wisatawan sehingga mewujudkan potensi kunjungan ulang serta mendorong promosi ke pasar wisatawan yang lebih luas
Bentuk Aksi yang perlu diwujudkan antara lain :
a. Menjaga objek wisata dalam tatanan yang estetik, alami dan harmoni
b. Menata lingkungan secara teratur
c. Menjaga keindahan vegetasi, tanaman hias dan peneduh.
6. RAMAH
Suatu kondisi lingkungan yang bersumber dari sikap masyarakat di destinasi pariwisata yang mencerminkan suasana yang akrab dan terbuka.
Bentuk Aksi yang perlu diwujudkan :
a. Bersikap sebagai tuan rumah yang baik serta selalu membantu wisatawan
b. Memberi informasi tentang adat istiadat secara sopan
c. Menunjukkan sikap menghargai dan toleransi terhadap wisatawan
d. Memberikan senyum yang tulus.
7. KENANGAN
Suatu bentuk pengalaman yang berkesan di destinasi pariwisata yang akan memberikan rasa senang dan kenangan yang indah bagi wisatawan.
Bentuk aksi yang perlu diwujudkan :
a. Menggali dan mengangkat keunikan budaya lokal
b. Menyajikan makanan dan minuman khas lokal yang bersih dan sehat
c. Menyediakan cinderamata yang menarik, unik/khas serta mudah dibawa
Sumber: Panduan Pelaksanaan Sadar Wisata
Oleh: Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar